Beranda Nasional Elektabilitas Prabowo Mulai Menanjak di Jawa Timur

Elektabilitas Prabowo Mulai Menanjak di Jawa Timur

37
0
BERBAGI

survei elektabilitas pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno didapatkan tren pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma’ruf unggul di wilayah Madura.  Akan tetapi, mereka harus tetap berjuang di wilayah yang lain di provinsi Jawa Timur.

Hasil survei yang dirilis  oleh The Initiative Institute, yang diadakan pada tanggal 10 hingga 18 Oktober 2018, yang dilakukan pada 5500 responden. Jumlah responden tersebut dilakukan 5 bulan sebelum  pemungutan suara Pilpres 2019 melalui sampling tersebar di 38 kabupaten dan juga kota-kota di wilayah Jawa Timur.

Prabowo-Sandi  dapat mengungguli perolehan suara yang pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin,  berdasarkan perolehan suara yang diambil di Pulau Madura. Tetapi nilai elektabilitas  suara di wilayah Jawa Timur secara keseluruhan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan angka 57,7 persen, sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 19,7 persen.

“Jumlah swing voters lebih tinggi dari angka pendukung Prabowo-Sandi, yakni 21,1 persen,” ungkap Airlangga Pribadi, CEO The Initiative Institute pada hari Senin 17 Desember 2018.

Pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno unggul meraih suara, dari responden di  wilayah Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan, dengan perolehan angka sebesar 43 persen. Dalam survei tersebut, pasangan calon presiden dan walil presiden 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin hanya dapat mengumpulkan angka sebanyak 20,5 persen, sementara swing voters mencapai 36,5 persen., Airlangga menyatakan kuranngnya perolehan angka Jokowi-Ma’ruf Amin di wilayah Madura, disebabkan tidak adanya fatwa ulama untuk menguatkan pilihan kepada Jokowi-Ma’ruf Amin, selain permasalahan swing voters yang tinggi.

“Di Madura, dukungan ulama sangat penting,” ujar Airlangga ketika memberikan pernyataannya

pada 3 wilayah di Jawa Timur lainnya, pasangan capres dan cawapres 01 dapat meraih suara lebih banyak. Wilayah yang memberikan suara yang banyak bagi pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, seperti: Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, Jombang, dan Malang Raya. Pada wilayah-wilayah tersebut, pasangan capres dan cawapres Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dapat memperoleh suara sebanyak 72,2 persen. Angka tersebut jauh diatas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 02, Prabowo-Sandi yang hanya memperoleh suara sebanyak 17,5 persen, dan swing voters 10,3 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here