Beranda Kesehatan Saat Hamil, Inilah Asupan Yang Baik Untuk Para Ibu Dan Bayinya!

Saat Hamil, Inilah Asupan Yang Baik Untuk Para Ibu Dan Bayinya!

154
0
BERBAGI

Ibu hamil dianjurkan untuk memperhatikan asupan nutrisi sehari-harinya dengan tepat. Sebab, apa yang dikonsumsi harian oleh ibu hamil merupakan sumber utama asupan nutrisi untuk si kecil. Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, mengungkapkan selain mengonsumsi makanan yang dianjurkan pada tiap trisemesternya, ibu hamil juga harus mendapatkan nutrisi lengkap.

Adapun nutrisi tersebut terdiri dari nutrisi makro dan nutrisi mikro. Nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak diperlukan dalam jumlah besar untuk memberikan tenaga dan berperan sebagai pembentuk sel serta organ janin. Sementara nutrisi mikro seperti vitamin dan mineral dibutuhkan dalam jumlah sedikit untuk menjaga kesehatan tubuh dan penunjang pertumbuhan janin atau bayi.

Saat Hamil, Inilah Asupan Yang Baik Untuk Para Ibu Dan Bayinya!

“Biasanya dibutuhkan lebih dari suplememen atau vitamin saja, ibu hamil juga membutuhkan nutrisi makro sebagai sumber energi. Banyak nutrisi atau snack penambah nutrisi yang beredar, tapi yang benar-benar dikhususkan untuk ibu hamil tentu sebaiknya susu ibu hamil karena mengandung nutrisi makro dan mikro yang sangat baik,” ujar dr. Muliaman.

Ia juga mengungkapkan asupan susu lebih baik dipersiapkan saat tiga atau empat bulan sebelum kehamilan. Pada periode ini, persiapan fisik, mental, dan nutrisi harusnya mulai dipersiapkan karena akan menjadi landasan kondisi ibu saat hamil dan menyusui maupun kondisi bayi yang akan dilahirkan akan cacat atau tidak.

“Termasuk bagaimana si bayi ini nanti setelah dewasanya. Kalau sudah terjadi kehamilan, biasanya nutrisi berperan membantu ibu agar tetap sehat, tidak anemia, dan kuat. Bayinya tidak kecil atau prematur dan nutrisi ini penting juga dilanjutkan sampai periode menyusui,” jelasnya. dr. Muliaman juga memaparkan susu lebih dianjurkan saat mempersiapkan kehamilan, hamil, dan menyusui karena tidak ada sumber lain yang mengandung nutrisi makro dan mikro selain susu.

“Tentu berbeda jika hanya mengkonsumsi multivitamin yang hanya ada nutrisi mikro,” katanya. Jika ibu hamil kekurangan nutrisi saat persiapan jamil dan menyusui, bisa terjadi dampak yang buruk. “Jika kekurangan nutrisi atau zat tertentu pada saat hamil bisa terjadi anemia, KEK (Kurang Energi Kronik), dan pendarahan selama kehamilan.

Sementara bayinya bisa mengalami kecacatan syaraf bayi jika kekurangan folat, dan bayi lahir kecil. Bahkan bisa terjadi prematur jika kekurangan nutrisi makro,” katanya. Penuhi kebutuhan nutrisi yang lengkap dan seimbang dengan PRENAGEN. Kandungannya dibuat sesuai kebutuhan ibu dan si kecil mulai dari masa perencanaan hamil hingga menyusui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here