Beranda Kesehatan Muncul Jerawat Di Area Dada? Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Muncul Jerawat Di Area Dada? Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

112
0
BERBAGI

Kerap muncul ‘tidak tahu waktu’, jerawat juga kerap ‘tidak tahu tempat’. Yup! Yang namanya jerawat memang dapat muncul di mana saja, tidak hanya di wajah, tapi juga sering timbul di area punggung, leher, hingga dada. Selain tidak nyaman, kehadiran titik-titik merah di area dada juga tentu akan mengganggu rasa percaya diri, dan menimbulkan rasa tidak nyaman karena kerap bergesekan dengan bra maupun busana yang dikenakan. Nah, tanpa kamu sadari, munculnya jerawat di area dada dikarenakan beberapa kebiasaan sehari-hari, lho. Yuk, simak di bawah!

Penyebab Jerawat di Area Dada

Meskipun sehari-harinya area dada kamu tertutup pakaian, bukan berarti area dada kamu tidak luput dari masalah kulit yang mengintai. Penyebab jerawat di area dada yang pertama adalah ketidakseimbangan hormon yang kerap terjadi pada usia remaja. Namun, tidak hanya remaja, perubahan hormon perempuan yang sedang berada pada masa menstruasi juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat di area dada.

Berkaitan dengan siklus menstruasi, menjelang waktu mens, payudara cenderung membesar sehingga dapat meningkatkan gesekan yang terjadi antara dada maupun dengan pakaian. Gesekan pada kulit, dikombinasikan dengan area dada yang mudah berkeringat menjadi alasan selanjutnya jerawat muncul di area dada. Karena hal ini, kebiasaan berolahraga dengan pakaian ketat dan tidak segera membersihkan tubuh saat berkeringat pun menjadi penyebab munculnya jerawat di dada.

Muncul Jerawat Di Area Dada? Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Sama seperti kulit wajah, produk yang diapikasikan pada kulit di area dada pun dapat menjadi penyebab terjadinya jerawat. Misalnya penggunaan body lotion yang terlalu tebal atau memiliki kandungan parfum berkadar tinggi, penggunaan parfum, atau makeup yang kamu gunakan untuk meratakan warna kulit wajah, leher, serta area dada. Selain itu, jerawat di area dada juga dapat disebabkan oleh penggunaan deterjen pakaian yang berlebihan atau kurang pas.

Selain faktor eskternal, bisa saja nih, jerawat kamu justru disebabkan oleh faktor internal alias kebiasaan makan atau minum kamu. Perlu kamu ketahui bahwa makanan dengan kadar gula yang tinggi dapat mengganggu kadar gula darah, dan dapat berujung pada timbulnya jerawat. Tidak hanya pola makan, saat tubuh kamu kekurangan cairan alias dehidrasi, kulit akan menjadi kering, sehingga memicu peningkatan produksi minyak untuk menyeimbangkan kekurangan cairan tersebut. Alhasil, kulit akan semakin berminyak dan pori-pori menjadi lebih rentan tersumbat bakteri atau kotoran.

Cara Mencegah dan Menangani Jerawat di Area Dada

Dari deretan penyebab jerawat di area dada, mungkin kamu sudah bisa mengira-ngira nih apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat di area dada. Tidak sulit, kok! Berikut 5 cara mudah untuk mencegah terjadinya jerawat di area dada:

  1. Pastikan area dada selalu bersih, terutama setelah beraktivitas yang menimbulkan banyak keringat.
  2. Kurangi atau hindari makan dengan kadar gula tinggi dan perbanyak konsumsi air putih.
  3. Hindari mengaplikasikan makeup, parfum, atau body lotion ke area dada, kecuali produk tersebut bukanlah penyebab munculnya jerawat pada area dada kamu, atau pilihlah produk yang kandungannya 100% non-comedogenic agar terhindar dari risiko pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan jerawat.
  4. Gunakan pakaian longgar saat berolahraga, beraktivitas berat, atau beraktivitas di bawah sinar matahari yang dapat menimbulkan banyak keringat.
  5. Hindari penggunaan deterjen atau pewangi pakaian.

Apabila jerawat sudah terlanjur muncul di area dada, tidak perlu stres! kamu dapat mengatasi jerawat di area dada sebagaimana kamu mengatasi jerawat pada area wajah. Salah satu cara yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah menggunakan spot treatment yang bersifat mengeringkan dan melawan bakteri penyebab jerawat. Produk dengan kandungan salicylic acid, sulfur, benzoyl peroxide, atau tea tree oil dapat dijadikan pilihan. Selanjutnya, jangan lupa untuk merawat kulit tubuh sebagaimana kamu merawat kulit wajah dengan tahapan cleansing, exfoliating, moisturizing, dan UV protection, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here