Beranda Kesehatan Kebiasaan Seperti Ini Setiap Hari Bisa Pengaruhi Kesehatanmu

Kebiasaan Seperti Ini Setiap Hari Bisa Pengaruhi Kesehatanmu

103
0
BERBAGI

Sehat itu penting dan nomor satu. Tapi apakah kebiasaan-kebiasaanmu sehari-hari sudah menunjukkan gaya hidup yang sehat? Mengonsumsi makanan sehat disertai olahraga masih belum cukup jika kamu melakukan kebiasaan-kebiasaan ini setiap hari:

1. Menggunakan produk plastik

Apakah kamu salah satu orang yang terbiasa menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanna? Mungkin bisa menjadi lebih hemat atau membuatmu dapat membatasi porsi makan. Tetapi wadah plastik yang kita gunakan bisa saja mengandung zat kimia seperti BPA (bisphenol A) yang dapat memengaruhi kesehatan. dr Emelie Ilarde, dokter keluarga di Advocate Christ Medical Center mengatakan bahwa bahan kimia dapat menganggu penurunan berat badan dan membuat lebih sulit untuk merasa kenyang.

2. Terlalu ngoyo pada rencana kesehatan

Meskipun penting untuk menjaga kesehatan, namun menjadi terlalu ngoyo dengan rencana kesehatan yang sudah dibuat bisa berdampak negatif. Amanda Frick, dokter naturopati di Harvey Health justru menganjurkan untuk beberapa kali menyimpang atau cheating dari rencana diet agar merasa lebih bahagia.

Kebiasaan Seperti Ini Setiap Hari Bisa Pengaruhi Kesehatanmu

3. Sering bercermin

Dengan sering bercermin maka akan lebih sering untuk menilai diri sendiri berdasarkan penampilan. Namun hal itu dapat merusak kesehatan mental. “Banyak wanita akan berdiri di depan cermin berlenggak-lenggok dan mengatakan bahwa bagian-bagian tubuhnya tidak sesuai dengan standar ‘tubuh yang sempurna’. Alih-alih cermin dijadikan umpan balik visual, telah menjadi alat ukur untuk memutuskan seberapa berharganya kita sebagai manusia,” kata pelatih pribadi bersertifikat, Natalie Carey.

4. Mengawali hari dengan berpikir negatif

Apa yang kamu pikirkan memungkinkan dirimu memang seperti itu. Menurut dr Oluchi Immanuel, mengawali hari dengan pikiran negatif bisa membuat harimu lebih menantang. “Pola pikirmu merupakan faktor penting dalam seberapa baik Anda kamu menanggapi situasi yang kamu hadapi,” ujarnya.

5. Tidur dengan gadget

Siapa yang tidur dengan gadgetnya setiap hari? Jika kamu termasuk, kamu harus waspada karena bisa membuat tidurmu tidak tenang. Dengan begitu hormon melatonin yang mengatur tubuh kita tidak bekerja maksimal untuk istirahat. “Hormon yang disebut melatonin mengatur tidur kita, tetapi cahaya terang dapat menurunkan tingkat melatonin kita, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kantuk,” kata dr Immanuel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here