Beranda Wisata Istirahatkan Pikiran Dengan Liburan Ke Pantai

Istirahatkan Pikiran Dengan Liburan Ke Pantai

126
0
BERBAGI

Apa yang jadi fokus utama kamu saat sedang berlibur? Melihat pemandangan yang indah, nabung stok foto kece buat dipajang di akun Instagram, atau pengin lepas dari segala aktivitas dan rehat sejenak?

Istirahatkan Pikiran Dengan Liburan Ke Pantai

Masing-masing dari kita pasti punya motif sendiri saat merencanakan liburan. Tapi bagaimanapun motifnya, liburan pada dasarnya punya satu tujuan utama : mengistirahatkan tubuh dari rutinitas yang membosankan.

Kita butuh penyegaran dan suasana baru yang merupakan salah satu nutrisi agar tetap bahagia dan sehat. Pernah merasa begitu jenuh dan tiba-tiba pengin liburan ke pantai, danau, atau sekedar susur sungai?

Wajar kok, karena menurut penelitian, hanya dengan melihat ruang air yang banyak bisa membuat pikiran kamu merasa lebih bahagia dan sehat. Bukan alasan yang mengada-ada, hal ini merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh European Centre for Environment and Human Health.

Penelitian ini menunjukkan bahwa hanya dengan melihat sekumpulan air seperti laut, sungai, atau bahkan air mancur sekalipun, seseorang bisa merasa lebih baik. Dan semakin banyak air yang mereka lihat, semakin baik perasaan mereka. Penelitian ini merupakan studi lanjutan yang pernah dilakukan sebelumnya.

Pada awalnya, penelitian dilakukan dengan mencari korelasi antara pengaruh ‘ruang hijau’ seperti hutan, taman, dan pegunungan terhadap psikologis seseorang. Lalu, pada studi lanjutannya, para peneliti menambahkan ‘ruang biru’ seperti laut, danau, sungai, dan segala macam unsur yang mengandung air lainnya.

Sebenarnya, baik ‘ruang hijau’ maupun ‘ruang biru’ mempunyai efek yang hampir sama terhadap psikologis seseorang. Bahkan semakin banyak seseorang melihat ‘ruang hijau’ maupun ‘ruang biru’, akan semakin baik pula kondisi psikologisnya.

‘Ruang biru’ dianggap lebih menyehatkan pikiran karena mata dan otak secara otomatis akan merasa lebih segar saat melihat air. Jadi, buat kamu yang merasa terlalu jenuh dengan rutinitas, bisa coba liburan ke pantai atau danau nih. Yang penting, liburan dengan hati bahagia agar sepulangnya bisa jadi lebih bahagia lagi ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here